Friday, July 8, 2011

Lumpia Tape Keju



















Saya ini penggemar tape, baik tape singkong maupun tape ketan. Tape ketan sangat jarang di sini, pernah nyobak bikin sendiri tapi gagal, masih sisa banyak ragi ama ketannya, tapi saya males nyoba lagi huehuehue... Nahhh, yang paling banyak saya temui yha tape singkong. Di pasar harganya 2000 rupiah per setengah kilo, kalo yang mondar-mandir lewat di depan rumah ini 3000 rupiah per setengah kilonya (kalo beli 1 kg 5000, tapi kebanyakan :D ). Saya sering banget beli tape singkong ini, biasanya tapenya saya potong kecil-kecil kemudian saya taruh di wadah kedap udara, kalo butuh cemilan tinggal comot :D Atau kadang saya lapisi dengan adonan tepung terigu dan gula, kemudian saya goreng, jadilah tape goreng atau kalo di daerah saya disebutnya rondo royal :D Kemaren iseng-iseng googling, nyasar ke blog ini, thanks yha mbak/bu atas inspirasinya. Akhirnya saya coba bikin sendiri dengan bahan seadanya :D Rasanya kriuk di luar, empuk manis gurih di dalam :D

Resep Lumpia Tape Keju

Bahan:
Tape singkong, potong kecil dan buang seratnya/sumbu nya
Kulit lumpia siap pakai, beli di pasar dibagian penjual tahu atau nuget, 2000 dapet 20lembar
Keju Cheddar, parut
Minyak goreng untuk menggoreng
susu kental manis coklat, untuk hiasan
Bahan perekat kulit : 2 sdm tepung terigu + 2 sdm air --> aduk

Cara Membuat:
1. Ambil satu lembar kulit lumpia, taruh tape di tengahnya, taburi keju parut
2. Gulung dan lipat hingga berbentuk lumpia, oleskan sedikit bahan perekat pada ujungnya, lipat rapi
4. Kemudian goreng hingga kuning kecokelatan
5. Hias dengan susu kental manis coklat, kemudian sajikan

No comments: