Monday, May 16, 2011

Chicken Nugget
















Sudah lama pingin bikin nuget ayam, tetapi belum nemu resep yang pas, dan akhirnya males mencoba. Kemudian ada kakak kelas yang punya resep nuget ayam dan sudah dipraktekkan, wahh jadi semangat buat nyobak deh :D apalagi juragan demen banget ama yang namanya nugget ayam, hampir tiap bulan pasti beli dan nyetock di freeser :D Alhamdulillah sekarang dah bisa bikin sendiri, bahan2nya lebih terjamin dan tidak pake msg, ini baru namanya nugget sehat sayangkuuwww :D eh iyha Dinda juga suka loh :D yippyyyyyy


Resep Chicken Nuget original

by mbak Erni, tetapi saya sesuaikan dengan kebutuhan dan bahan2 yang ada :D

Bahan:
* 500 gr ayam 10rb --> saya pakai 600gram
* 4 lbr roti tawar 5rb
* 75ml susu uht plan 5rb --> saya pakai 100ml
* keju chedar kraf kemasan kecil 3500 --> saya pakai 60 gram
* 5 siung bw putih
* 5 siung bw merah --> saya pakai 6
* 2 ruas prei --> gak pake
* Garam secukupnya
* 3 btr telur untuk oles : rp.1800 --> 4 butir telor
* 10 sendok tepung terigu untuk oles rp.2000 --> ini sepertinya mbak erni salah ketik deh :D tepung terigunya untuk dicampur diadonan, soalnya gak mungkin buat oles segini banyaknya :D. Ralat : ternyata ini bisa dicampur ke adonan jika tidak ada roti tawar, jadi ini sudah benar untuk olesan, huuhuu lupa bertanya sesat di jalan, saya asal campur aja ke adonannya
* Tepung panir untuk oles rp.3000 --> saya beli 250gram 2000 rupiah, dan passss gak nyisa :D
* Minyak untuk menggoreng rp.10000

Cara membuat:
1. hancurkan ayam dengan cooper tupperware, --> saya blender
2. hancurkan roti tawar dengan cooper tupperware --> saya blender
3. hancurkan bw merah+putih+prei dng dengan cooper tupperware --> saya blender
(/*kalau saya point 3 dulu, baru point 1, kemudian point 2)4. campur all + garam,merica,susu.aduk rata. --> + keju parut5. Ambil loyang, minyaki terlebih dulu, alasi dengan kertas roti lalu
tuang adonan dan kukus selama lebih kurang 30 menit, angkat.
6. Setelah dingin dipotong-potong seperti bentuk jari atau bentuk binatang (sesuai selera) kemudian dipanir lalu celup ke putih telur dan dipanir lagi, setelah itu goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan,angkat. --> kalo saya telurnya saya pakai semua, kemudian saya freezz sebentar baru digoreng, sisanya difreezz buat stock
7. Hidangkan.

Jadinya buanyakkkkk, dan kurang asin dikit :D tapi not bad lah, enak kok :D

1 comment:

marlia said...

mba..ijin dong nyontek resepnya yaaa.. Pengen nyoba,soalnya dante seneng banget nugget. Daripada makan yg beli terus,banyak pengawet n MSG,mending bikin sendiri lebih sehat n hemat,hehe..
Makasih yo mba..