Monday, November 26, 2012

Arem-Arem

Ceritanya malam minggu kemaren ada pemilihan ketua RT. Ibu-ibunya masak soto, saya kebagian masak nasi 6kg. Singkat cerita, setelah pemilihan RT selesai, panci saya (yang saya pakai untuk tempat nasi) dikembalikan dalam kondisi penuh dengan nasi -_-" . Hal ini dikarenakan cuaca yang kurang mendukung alias habis hujan, warga malas datang ke tempat pemilihan, akhirnya nasinya sisa banyak. Jadi ini sebenernya akibat dosa Bu RT yang ngisi penuh panci saya dengan nasi ^%$#!%@#

Yha sudahlah, mo ngasih ke tetangga kok yha gak enak, ini nasinya kualitas rendah, yha maklumlah terbentur dana RT. yha sudah sementara yang ada dipikiran saya, simpen aja di magiccom, susah amat... Ternyata gak cukup sodara-sodaraaa..... akhirnya sisanya saya taruh di kulkas saja.

Besoknya ke pasar, kepikiran nasiiiii.... padahal sudah saya bikin nasi goreng buat sarapan, tetep aja masih banyak. Pas melintas didepan tukang penjual kue, ada arem-arem...yesss dibikin arem-arem saja. Beli kelapa parut buat santan,  Isinya sambel goreng kentang wortel, beli diwarteg saja.

Pas pulang dari pasar ternyata warteg belum ada yang buka sodara-sodara.... ya sudah nanti isiannya bikin sendiri aja... Yukk ahhh, here we go...

Bahan
2kg nasi kering, dosa bu RT hahaha (kalo dari resep2 yang berseliweran di gugel sih harusnya pake nasi aron yha)
Daun pisang secukupnya
Lidi penyemat, saya pake straples :))
Santan, dari 1/2 butir kelapa (ntar sisain segelas buat bikin sambel gorengnya)
3 lembar daun salam
garam secukupnya

Bahan Isian:
- Ini isinya sambel goreng kentang wortel tempe, tergantung apa yg ada di kulkas saya hahahah....jadi suka2 aja yha, terserah mo diisi apa... daging cincang, bisaaa....daging ayam, bolehhh
- 1 buah kentang dan 1 buah wortel, ukuran besar, iris dadu, tapi kecil-kecil aja yakk. kentangnya digoreng setengah matang, wortelnya direbus bentar aja.
- Tempe yang selengan itu, setengahnya aja, iris kecil2 juga, goreng setengah matang
- Selanjutnya bisa mengikuti resepnya di sini

Cara Memasak
- Masukkan nasi, santan, garam, daun salam, dalam panci, masak di atas kompor, aduk-aduk, sampai santan terserap ke nasi, matikan kompor, biarkan agak dingin (ini hasilnya udah kayak bubur, tapi masih berbentuk nasi, rasanya kayak nasi uduk lembek)
- Masak sambel gorengnya, sisihkan, biarkan agak dingin
- Tinggal tidur aja dulu :D
- Ambil selembar daun pisang, taruh nasi lembek trus sambel gorengnya trus nasi lembek lagi, kemudian bungkus, bentuknya seperti lontong. Lakukan seperti itu sampek abis (yha yhaa..... arem-arem saya emang gak berbentuk seperti lontong, sudah, gak usah protes, susahhh taukkk :)) )
- Kukus arem-arem sampai tanak, kurang lebih 30-45 menit
- Angkat, dinginkan... sajikan  

Hasilnya gurihhhh, mantabbbbb, uwennaakkkkk, memanjakan lidahhh... lebayyyyy ^_^ Saya kirim ke tetangga-tetangga, pak satpam, dan tak terkecuali sang pembuat dosa, Bu RT :))

2 comments:

Bunda 3N said...

resep dan cara bikinnya?
sharing yah yah yah:)

Pinkina said...

@bunda 3N : resepnya udah yha mbak :) terimakasih sudah berkunjung